Friday, November 23, 2007

 

Menjadi Laki-Laki Dewasa

Apa yang menjadikan seorang laki-laki dewasa? Seks, alkohol, dan narkoba. Itu yang ada dalam pikiran tiga orang anak, Seth (Jonah Hill), Evan (Michael Cera), dan Fogell (Christopher Mintz Plasse), pada tahun terakhir mereka di SMU. Mereka bukan anak gaul di sekolah dan ketika sekolah akan usai dalam hitungan minggu, sepertinya tidak ada tempat yang bisa menerima mereka. Padahal, dalam bayangan mereka, hari-hari terakhir itu harus diisi dengan bersenang-senang dengan gadis incaran masing-masing, Jules (Emma Stone), Becca (Martha MacIsaac), dan Nicola (Aviva).

Titik terang mulai muncul ketika Jules meminta Seth membelikan minuman beralkohol untuk pesta di rumahnya malam itu dengan memanfaatkan Fogell yang baru saja berhasil mendapatkan KTP palsu. Seth tentu tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk tidur bersama Jules. Dia pun membujuk Evan untuk melakukan hal yang sama kepada Becca. Cerita pun mengalir. Tiga sahabat itu memulai perjalanan yang menjelaskan bagaimana rasanya menjadi laki-laki dewasa, seperti misalnya pertemuan dengan dua opsir polisi yang kekanak-kanakan (Bill Hader dan Seth Rogan); terjebak di sebuah pesta dewasa; serta redefinisi tentang hubungan seks, cinta, dan, lebih penting lagi, persahabatan.

Tahta genre komedi Hollywood mulai digenggam Judd Apatow erat-erat. Tahun ini, produser yang pernah sukses dengan 40 Years Old Virgin itu dua kali memuncaki box office dengan Knocked Up dan Superbad - meski tak dibintangi bintang-bintang terkenal. Resep keberhasilan film-filmnya adalah skrip yang matang, diimbuhi dialog-dialog lincah dan hidup, serta kekompakan tim. Ini buah kreativitas tim kerja khusus Apatow yang banyak mendiskusikan dan menelurkan skrip komedi, baik untuk materi stand-up commedian maupun film [salah satunya Seth Rogen, bintang utama Knocked Up yang menyusun skenario Superbad]. Kekuatan naskah kedua film itu pun mampu menyejukkan kekeringan skenario orisinal film-film Hollywood. Keberhasilan tersebut membuat tahun 2007 dan genre komedi harus bertekuk lutut di hadapan Apatow!

*Review Superbad (Greg Mottola, 2007)
**Image courtesy of www.michaelcera.com

Comments: Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]





<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]