Friday, October 26, 2007

 

Lebaran, Awal yang Baru

Coba lihat tanggal postingan sebelum ini. Lagi-lagi saya mengulangi kebiasaan buruk - membiarkan ide-ide dan materi tulisan mengendap di dalam kepala lantas menyerahkannya kepada kemalasan. Mana akan muncul? Dan, di sinilah saya, sekadar mengisi kekosongan blog sebulan lebih.

Minal aidin walfaizin.
[Saya baru diingatkan lagi oleh khotib solat Jumat tadi siang kalau artinya semoga terlimpah anugerah dan kemuliaan pada hari Ied (dan dijawab, "taqobalallahu minna wa minkum taqabal yaa kariim" - kurang lebih artinya semoga amal ibadahmu pun diterima di sisi Sang Maha Pemurah) - alih-alih kalimat generik yang selalu dipersepsi sebagai arti ucapan selamat Lebaran itu, "mohon maaf lahir batin"]

Meski terlambat, izinkan saya menghaturkannya kepada segenap teman-teman sekalian genap dengan ketulusan dan keikhlasan niat.

Saya menempuh perjalanan mudik Lebaran kemarin. Sepuluh hari saya kembali ke kota tempat saya dibesarkan. Saya menghabiskannya dengan berwisata kuliner. Tidak hanya murah, tapi cita rasa masakan di sana sangat mengingatkan saya pada masa lalu. Sialnya, perjalanan nostalgia ini agak dirusak oleh pertanyaan futuristik. Tepat sekali, pertanyaan tersebut dimulai dengan "kapan" (bisa ditebak kan?). Seolah-olah hidup saya ini sudah didesak oleh waktu. Saya selalu menganggap ini masalah pribadi dan tidak pernah menganggap terlalu serius pertanyaan orang-orang (demi menghapus kesan tidak laku-laku... halah...).

Ehem! Baiklah, berangkat dari semangat Lebaran, kita kembali ke awal. Di kantor, katanya perlu ada semangat baru untuk sesuatu yang baru. Pada saat yang sama, awal baru bermula dari sebuah akhir. Sisifus mungkin ingin menyumbangkan nasihatnya, tapi biar saya simpan saja sendiri. Belum ada kepastian, masih ancang-ancang. Padahal kita sudah lama diam dan banyak hal di sekitar kita yang berlari lebih kencang. Kali ini saya yang ingin melontarkan pertanyaan, "kenapa?"

Sudahlah, ayo bergerak dan berubah! Diam kau kemalasan!

Comments: Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]





<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]