Saturday, October 27, 2007

 

Dari Pesta Blogger 2007

Siang tadi, saya menjadi seorang asing di antara kerumunan blogger nusantara. Tajuknya mentereng: Pesta Blogger 2007. Lima ratusan peserta meramaikan acara. Ada yang jauh-jauh datang dari Poso dan tidak malu mengakui sudah kehabisan ongkos demi menghadiri silaturahmi akbar pertama antar-blogger nusantara di Blitz Megaplex, Jakarta. Bioskop di kawasan sentral Jakarta itu menjadi tempat pertemuan para penggiat yang baru bertatap muka setelah lama saling mengenal lewat jagad maya.

Bapak Menteri Komunikasi dan Informatika yang dikabarkan tidak dapat menghadiri, mendadak meluangkan waktunya mampir di acara dan saking tidak sanggup menyembunyikan ketakjubannya sampai-sampai mengukuhkan hari ini sebagai Hari Blogger Nasional - bukan kebetulan kalau keesokan hari adalah Hari Sumpah Pemuda. Pak Menteri tidak salah duga, mayoritas peserta - blogger - adalah anak-anak muda. Agen-agen perubahan yang menyuarakan "suara baru Indonesia".

Acara belum menunjukkan wajah blogger nusantara seutuhnya. Lima ratus baru sepersekian persen dari kira-kira 130 ribuan blogger yang memenuhi jagad maya. Sungguh angka yang kecil sekaligus menjanjikan peluang besar untuk mengembangkan potensi media baru dalam teknologi komunikasi mutakhir. Blog, seperti yang saya rajin tulis ini, adalah media wadah opini pribadi tanpa batas - betapa superior dan chaotic - yang mendadak sangat berpengaruh hingga merambah wacana publik.

Blog saya ini tidaklah mengarah menuju sebuah agen perubahan, alih-alih mempengaruhi wacana publik. Kalau boleh ikut bersuara, tujuan awal saya menulis blog hanyalah agar orang bisa mengenal saya apa adanya. Itu saja. Apapun, selamat hari jadi Blogger Nasional!

Comments: Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]





<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]